Belajar Cara Optimasi Blog User Friendly

Berpaling dari SEO sejenak, Sekarang kita belajar Cara membuat Blog yang User Friendly. Banyak yang mengatakan bahwa sekarang optimasi search engine sudah tidak berdaya jika tanpa konten yang unik dan kepuasan pemirsa. Sekarang untuk bisa bersaing dan tetap eksis di dunia Blogging adalah dengan konten-konten unik yang dapat menguntungkan pengunjung atau pemirsa Anda.

cara optimasi blog agar user friendly


Kalaupun Anda masih menerapkan teknik Blogging dengan SEO habis-habisan biasanya Anda hanya akan mendapatkan "pengunjung" yang datang hanya mencari apa yang mereka butuhkan dan pergi begitu saja,

Namun sekarang Blogger membutuhkan pengunjung yang akan mengunjungi kapan saja, mengapresiasi karya Blogger tersebut, dan ikut berpartisipasi mengembangkan Blog tersebut.
Untuk mendapatkannya Anda harus mendapat kepercayaan pengunjung terlebih dahulu, memuaskan pengunjung dan dapat memberi keuntungan kepada pengunjung.

Berikut Cara-caranya Membangun Blog yang User Friendly

1. Buatlah Daftar Menu/Kategori yang Jelas


Dengan daftar menu yang jelas, baik itu daftar kategori label ataupun yang lainnya, buatlah dengan jelas, simple, dan mudah dimengerti itu akan memudahkan pengunjung mencari/meng-explore Blog Anda, Itu akan menjadi nilai tambah Blog Anda dimata para pengunjung dan mengenal Blog Anda sebagai Blog yang mudah untuk mencari informasi, dan kemungkinan kelak mereka pun akan kembali lagi untuk mencari informasi lebih banyak di Blog Anda.

2. Gunakan Font Text yang Enak Dibaca


Dalam membuat artikel untuk diposting di Blog Anda, buatlah artikel yang tidak membosankan dan nyaman untuk dibaca, Jenis font yang digunakan sangat berpengaruh pada kenyamanan pembaca, saya sarankan untuk menggunakan jenis font yang sudah awam atau sudah banyak dipakai, Jangan menggunakan jenis font yang terlalu banyak variasi, Untuk membuat artikel yang enak dibaca maksimal hanya berisi 3 jenis font yang berbeda, Itupun ketiga jenis font tersebut harus sesuai dengan saran sebelumnya.

Baca juga : Cara Membuat Artikel Dengan Cepat Tanpa Pikir Panjang

3. Mengatur Spasi


Selain hal diatas tadi, Pengaturan spasi baik itu jarak antar baris (Line Spacing) ataupun jarak antar kata akan berpengaruh pada kenyamanan pembaca.

4. Membuat About Page yang Jelas


About page adalah suatu halaman didalam Blog Anda yang berisi kutipan/data-data tentang Blog dan diri Anda, Buatlah About Page yang jelas seperti berisi apa tujuan Anda membuat Blog tersebut, Latar Belakang, dan hal-hal lain yang dikiranya perlu untuk dicantumkan, Ini akan membuat pengunjung mengenal Anda lebih dekat dan merasa aman dengan Blog Anda.

Baca juga : Cara Agar Pengunjung Nyaman dan Mengenal Blog Anda


5. Memanfaatkan Footer


Anda tahu Footer kan ? Itu lo bagian bawah design tampilan (Template) Blog Anda yang biasanya berisi tentang hak cipta dan pembuat design tersebut. Selain untuk membuat Blog yang User Friendly dengan fitur/fasilitas yang ada di Blog Anda, salah satunya mengisi footer dengan daftar menu kategori Blog Anda (Label), Anda juga bisa memanfaatkannya untuk membuat pengunjung tertarik membaca artikel lainnya, seperti pada saat setelah pengunjung men-scroll ke bawah atau selesai membaca artikel di Blog Anda, mereka bisa langsung melihat informasi-informasi lainnya di Blog Anda yang mungkin mereka ingin tahu dan membacanya.

Semoga artikel tentang cara membuat Blog yang User Friendly diatas dapat bermanfaat dan jangan segan-segan untuk share jika mungkin dapat bermanfaat juga untuk orang lain.

1 Response to Belajar Cara Optimasi Blog User Friendly